Kumpulan-kumpulan Segala Informasi Yang Ada Di Dunia Internet Terkini

BUDIDAYA TANAMAN PADI SAWAH

Share on :
Budidaya Tanaman Padi Sawah

BAGAIMANA CARA MENANAM PADI YANG BAIK?

Cara menanam padi yang baik akan menentukan keberhasilan dalam budidaya. Sekalipun cara menanam padi sawah dianggap budidaya mudah akan tetapi kegagalan panen masih sering terjadi hampir di seluruh wilayah di Indonesia, apalagi ketika tanaman padi terserang hama tikus, sudah bisa dipastikan hasil panen menurun sangat signifikan. Sekalipun mudah, jika kita menguasai cara menanam padi yang baik niscaya akan meningkatkan produktivitas pertanaman. Berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana teknik menanam padi berserta cara pengendalian hama penyakitnya.

SYARAT TUMBUH TANAMAN PADI SAWAH

Tanaman padi sawah memerlukan curah hujan antara 200 mm/bulan atau 1500-2000 mm/tahun dengan ketinggian tempat optimal 0-1500 mdpl. Suhu optimal untuk pertumbuhan tanaman padi 23°C. Intensitas sinar matahari penuh tanpa naungan. Budidaya padi sawah dapat dilakukan disegala musim. Air sangat dibutuhkan oleh tanaman padi. Pada musim kemarau, air harus tersedia untuk meningkatkan produksi. Tanah yang baik mengandung pasir, debu dan lempung.

PELAKSANAAN TEKNIS BUDIDAYA PADI SAWAH

Pengukuran pH tanah diperlukan untuk menentukan jumlah pemberian kapur pertanian pada tanah masam atau pH rendah (di bawah 6,5). Pengukuran bisa menggunakan kertas lakmus, pH meter, atau cairan pH tester. Pengambilan titik sampel bisa dilakukan dengan cara zigzag.



source:http://petunjukbudidaya.blogspot.com/2013/01/budidaya-tanaman-padi-sawah.html

0 comments on BUDIDAYA TANAMAN PADI SAWAH :

Post a Comment and Don't Spam!

Like On Facebook

Followers