Kumpulan-kumpulan Segala Informasi Yang Ada Di Dunia Internet Terkini

Bupati: Perbaikan Irigasi Panti-Rao Tingkatkan Surplus Beras

Share on :

Pembangunan irigasi Panti-Rao.
Pembangunan irigasi Panti-Rao.





Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Bupati Pasaman, Sumatera Barat Benny Utama mengatakan perbaikan irigasi Panti-Rao akan mampu meningkatkan surplus beras hingga 200 ribu ton pertahun menyusul terpenuhinya kebutuhan air sawah masyarakat seluas 8.300 hektar.

"Pada tahun ini, kita bertekad untuk menuntaskan pelaksanaan perbaikan irigasi tersebut sehingga kebutuhan perairan pertanian masyarakat dapat diatasi dengan baik," ujarnya di Lubuk Sikaping, Selasa.
Menurut dia, perbaikan irigasi yang dibangun sejak era 80-an tersebut menjadi kunci dalam meningkatkan panen padi di Pasaman dengan kapasitas air untuk memenuhi kebutuhan sawah pada empat kecamatan di wilayah utara.
Hingga saat ini, akibat kerusakan dan kurang optimalnya kapasitas irigasi Panti-Rao baru mampu mengairi 4.000 hektar sawah dari kapasitas yang seharusnya. Meskipun begitu, pada tahun lalu Pasaman berhasil meningkatkan pertumbuhan produksi padi sembilan persen, atau sekitar 78.000 ton.

¿Jika perbaikan ini selesai, peningkatan produksi padi sawah Pasaman diharapkan mencapai 17 hingga 20 persen pertahun atau surplus di atas 200 ribu ton per-tahunnya dan Pasaman kian memantapkan otoritasnya sebagai lumbung beras terbesar di Sumatera Barat,¿ terangnya.
Bupati menjelaskan, dari 300 ribuan masyarakat Pasaman, hampir 72 persennya adalah petani, yang mesti mendapatkan hak untuk disejahterakan.
 
Dari sisi lain, sektor pertanian merupakan penyumbang PDRB terbesar, atau sekitar 53 persen dari Pendapatan Domestik Regional Bruto Kabupaten Pasaman. Secara kongkret petani Pasaman telah memberikan andil besar menuju kejayaan daerah tersebut.
Untuk itu, perbaikan irigasi tersebut menjadi salah satu prioritas yang mesti dituntaskan secepatnya sehingga akan memberikan dampak baik terhadap berbagai sektor, ujarnya.

Sementara itu, dalam perbaikan irigasi tersebut selama dua tahun terakhir (2012 dan 2013) sudah dialokasikan sebesar Rp35 milyar dana dari APBN.
Berdasarkan keterangan teknis yang disampaikan pihak kontraktor, bahwa tahun ini pembangunan irigasi Panti-Rao dipastikan selesai.

Pemerintah pusat telah mengucurkan dana cukup besar, mencapai Rp25 miliar lebih. Padahal tahun 2012, telah pula dilaksanakan lanjutan pembangunan senilai Rp10 miliar.
Alokasi dana Rp25 miliar di 2013, mencakup lanjutan pembangunan saluran Sekunder, penambahan jaringan tertier, serta dialokasikan untuk memperbaiki bangunan saluran yang rusak. (**/zik/jno)

source: http://www.antarasumbar.com/berita/kab-pasaman/d/14/292928/bupati-perbaikan-irigasi-panti-rao-tingkatkan-surplus-beras.html

0 comments on Bupati: Perbaikan Irigasi Panti-Rao Tingkatkan Surplus Beras :

Post a Comment and Don't Spam!

Like On Facebook

Followers