Tutorial Microsoft Word 2010.Siapa yang tak kenal Microsoft Office? Aplikasi buatan Microsoft yang
telah banyak dipakai oleh jutaan atau lebih komputer di seluruh dunia ini
adalah aplikasi yang wajib di install di Windows. Hampir semua perkantoran,
bahkan instansi pemerintahan memakai aplikasi yang terkenal dengan Word, Excel
dan Powerpoint-nya ini. Kali ini webawang akan posting tentang Tutorial Microsoft Word 2010.
Dan bagi Anda yang seringkali memakai MS Word untuk
mengetik dokumen, ada beberapa Tutorial Microsoft Word 2010 yang
mungkin saja belum Anda ketahui. Mulai dari bekerja secara cepat dan efisien
sampai mengusili teman kerja dapat Anda temukan Tutorial Microsoft
Word 2010 di bawah ini
:
Seleksi -Tutorial Microsoft Word 2010
Mungkin Anda sudah mengetahui cukup klik dua kali
untuk menyeleksi satu kata, dan klik tiga kali untuk menyeleksi satu paragraph.
Namun untuk menyeleksi satu kalimat cukup tahan tombol “Ctrl” dan klik di
kalimat manapun. dan untuk menyeleksi seluruh tabel tahan tombol “Alt” dan klik
dua kali.
Membuat tabel -Tutorial Microsoft Word 2010
Mungkin selama ini Anda membuat tabel dengan memakai
“Draw Table”, kini Anda bisa membuat tabel dengan meng-klik tab “Insert” lalu
klik “Table” yang akan menampilkan pop up Insert Table disini Anda tinggal
menggeser mouse untuk menentukan jumlah kolom dan hasilnya akan tertampil
langsung di dokumen Anda, lalu klik.
Jika ingin membuat satu kolom tabel saja Anda cukup
menekan tombol + untuk garis vertical dan – untuk garis horizontal misal
“+————+——-+” (tanpa tanda kutip) lalu tekan “Enter”
Menambahkan Comment Box -Tutorial Microsoft Word 2010
Jika Anda hendak mengirimkan dokumen ke teman atau
relasi kerja Anda, tak perlu menulis panjang lebar penjelasan mengenai kalimat
yang mungkin kurang dipahami di email. Cukup dengan menyeleksi bagian dari
kalimat lalu klik tab “Review” lalu pilih “New Comment”
Membuat daftar dengan Keyboard -Tutorial Microsoft Word 2010
Anda bisa membuat daftar urut dengan nomor atau symbol
cukup dengan menekan tombol di keyboard. Misal, menulis nomor urut cukup dengan
mengetik 1. kata yang diinginkan lalu tekan “Enter” secara otomatis MS Word
akan mengurutkan nomor yang telah Anda ketik tadi.
Memasukkan Screenshot ke
MS Word -Tutorial Microsoft Word 2010
Salah satu fitur terbaru dari MS Word 2010 yaitu dapat
memasukkan Screenshot langsung ke dalam dokumen. Cukuo dengan menekan tombol “Print Screen”
pada keyboar lalu klik tab “Insert” klik “Screenshot”.
Menambahkan Bookmark ke Dokumen -Tutorial Microsoft Word 2010
Anda sedang membuat tulisan untuk dapat dibaca
langsung oleh Bos atau relasi kerja. Cukup tambahkan Bookmark agar mereka dapat
lebih mudah membaca seluruh isi dokumen Anda dengan klik tab “Insert” di kolom
“Links” klik “Bookmark” ketikkan nama halaman yang diinginkan lalu klik “Add”.
Setelah itu buatlah sebuah halaman khusus untuk daftar
isi dokumen Anda. Seleksi salah satu judul halaman dokumen klik tab “Insert” di
kolom Links klik “Hyperlink” akan muncul window Insert Hyperlink pilih Place in
This Document lalu pilih judul halaman di kolom bookmark yang telah Anda buat
lalu klik OK.
Sekarang Anda bisa langsung menuju halaman yang
diinginkan dengan meng-klik judul halaman di daftar isi dengan menahan tombol
“Ctrl dan klik kiri”.
Mengubah Status Bar -Tutorial Microsoft Word 2010
Mungkin Anda tidak menyadari kalo status bar di MS
Word juga bisa di ubah sesuai dengan keinginan. Klik kanan status
bar Anda akan menemukan banyak konfigurasi yang dapat Anda sesuaikan.
Atur Auto Correct -Tutorial Microsoft Word 2010
Pernahkah Anda mengetikkan kata teh yang kemudian
berubah menjadi the? Itulah Auto Correct, fitur Auto Correct di MS Word memang
sangat berguna jika Anda seringkali membuat dokumen berbahasa Inggris. Anda
bisa mengatur Auto Correct dengan klik tab “File” lalu pilih “Options” klik
“Proofing” dan klik “Auto Correct Options…” di tab Auto Correct terdapat kolom
ketikkan kata yang diinginkan misal teh pilih kata tersebut di kolom bawah dan
klik Delete.
Anda juga bisa menambahkan beberapa kata agar bisa
diperbaiki secara otomatis oleh MS Word.
Shortcut -Tutorial Microsoft Word 2010
Shortcut untuk MS Word memang cukup banyak namun tak
perlu menghapal semuanya cukup seperlunya agar dapat membantu kerja Anda.
Selain shortcut umum seperti copy, cut, paste, print dll, MS Word memiliki
shortcut khusus sendiri yaitu:
Ctrl+Z & Ctrl+Y : -Tutorial
Microsoft Word 2010
Jika Anda melakukan kesalahan tanpa disengaja Anda
bisa memanfaatkan shortcut ini.
Ctrl+Spasi : -Tutorial Microsoft Word 2010
Tekan tombol ini jika dirasa suatu kalimat atau
paragraph memiliki kesalahan misal, bold, italic, underline,
huruf dll agar kembali normal (default). Caranya seleksi kalimat atau paragraph
lalu tekan tombol “Ctrl”+Spasi”.
Ctrl+Q : -Tutorial Microsoft Word 2010
Tekan tombol ini jika Anda menemukan kesalahan format
paragraf, double spasi, spasi tambahan di awal dan akhir paragaf, dll. Caranya
seleksi seluruh paragraf lalu tekan kombinasi tombol tersebut.
Alignment -Tutorial Microsoft Word 2010
Ctrl+L : untuk
mengetik rata kiri.
Ctrl+E : untuk
mengetik di posisi tengah (center).
Ctrl+R : untuk
mengetik rata kanan
Ctrl+J : untuk
merubah susunan paragraf menjadi rata kanan dan kiri (Justify)
Trik Unik -Tutorial Microsoft Word 2010
Ingin sekedar mengusili teman kerja Anda atau ingin
tahu apa saja yang bisa MS Word lakukan, ketik beberapa kata berikut ini.
=rand (200,99)
Ketik kata di atas lalu tekan “Enter” tunggu selama 3
detik. MS Word akan menampilkan tulisan sebanyak 567 halaman yang berisi
komentar dari beberapa karyawan atau orang yang ikut mengerjakan Aplikasi
tersebut.
=lorem(7,3)
Dengan mengetikkan kata di atas akan menampikan 3
paragraf yang terdapat dalam teks Lorem Ipsum
=rand.old(7,3)
MS Word akan menampilkan 3 paragraf yang berisi contoh
kalimat di teks mesin ketik “The quick brown fox jumped over the lazy
dog.”
Nah, mungkin itu sementara beberapa Tutorial
Microsoft Word 2010 yang semoga dapat membantu Anda dalam mengerjakan dokumen
di MS Word semakin mudah dan menyenangkan. - Tutorial Microsoft Word 2010
0 comments on Tutorial Microsoft Word 2010 :
Post a Comment and Don't Spam!