Kumpulan-kumpulan Segala Informasi Yang Ada Di Dunia Internet Terkini

Warga Korban Banjir Tagih Janji Program Optimalisasi Lahan

Share on :
Bencana banjir ketika menghantam kecamatan Rao Utara beberapa waktu lalu
 
PASAMAN - Walinagari Kotonopan, Kecamatan Rao Utara, Kabupaten Pasaman, M Ansyari Lubis mempertanyakan, program optimalisasi lahan pertanian yang tak kunjung tiba 3 bulan pasca bencana banjir melanda daerah tersebut.
Padahal, program yang dijanjikan Dinas Pertanian provinsi Sumbar untuk perbaikan lahan pertanian warga yang rusak akibat dihantam bencana banjir beberapa waktu lalu jauh-jauh hari sudah disampaikan, sehingga menimbulkan sejuta tanya dari warganya.

“Hal tersebut disampaikan langsung Kadis Pertanian Pasaman di hadapan Pak Bupati sewaktu kunjungan ke nagari ini usai bencana,” aku Ansyari, kepada padangmedia.com di Rao, Selasa (21/5).
Dikatakan, akan ada dana optimalisasi sebesar Rp2 juta per pemilik lahan untuk perbaikan kembali areal pertanian sawah warga yang rusak akibat dihantam banjir itu. Namun, pada kenyataannya tidak sama sekali.

“Pak Kadis menyampaikan hal itu. Katanya, akan ada dana perbaikan lahan yang rusak yang merupakan bantuan dari Pemprov Sumbar melalui Dinas Pertanian,” sebutnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Pasaman, Ir Yuspi ketika dikonfirmasi mengatakan, program tersebut batal dengan alasan luas lahan warga yang akan dioptimalisasi itu tidak sesuai kriteria yang telah ditentukan.

Dikatakan, untuk program optimalisasi setidaknya harus ada 20 hektare lahan dalam satu hamparan dimiliki warga pada satu kawasan. Namun, tidak demikian dengan daerah itu.
“Setelah dicek di lapangan, tidak cocok. Alasannya, luas lahannya cuma sedikit, sementara ketentuannya minimal 20 hektar per hamparan,” sebut Yuspi ketika dihubungi via HP.

Sebagai penggantinya, pihaknya menyiapkan beberapa program lain pro rakyat seperti pembangunan jaringan irigasi untuk usaha pertanian.
“Kita sudah siapkan program pengganti yang didanai dari APBD Pasaman untuk masyarakat setempat,” sebutnya.  (wahyu)

source: http://padangmedia.com/1-Berita/81912-Warga-Korban-Banjir-Tagih-Janji-Program-Optimalisasi-Lahan-.html?fb_action_ids=310033165796867%2C310029335797250%2C310028862463964&f

0 comments on Warga Korban Banjir Tagih Janji Program Optimalisasi Lahan :

Post a Comment and Don't Spam!

Like On Facebook

Followers